PENGENALAN BIMBINGAN KONSELING

  • Whatsapp
Muslim grandfather is teaching nephew to read a book. Muslims reading from the quran.

Pengenalan Bimbingan Konseling

Apa sih Bimbingan Konseling? Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan sebuah layanan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya mengembangkan tugas perkembangan pribadi, social, belajar, karir serta membantu siswa mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan.

Ada Sebagian siswa belum mengenal Bimbingan Konseling di sekolah, mereka menganggap bahwa Bimbingan konseling adalah tempat anak bermasalah dan tempat mendapatkan hukuman, guru Bimbingan konseling dianggap sebagai polisi sekolah , bagaimana menurut kalian? Sebelum kalian menjawab, kita bahas dulu apa sih fungsi BK ?

Read More

Bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan diselenggarakan untuk membantu peserta didik/konseli dalam mencapai tugas-tugas perkembangannya. Tugas-tugas perkembangan yang dimaksud meliputi: mencapai hubungan persahabatan yang matang; mencapai peran sosial sesuai jenis kelaminnya; menerima kondisi fisiknya dan menggunakannya secara efektif; mencapai kebebasan emosional dari orangtua dan orang dewasa lainnya; menyiapkan diri untuk hidup berumahtangga; menyiapkan diri untuk kariernya; mencapai seperangkat nilai dan sistem etika yang membimbing tingkah lakunya; dan mencapai tingkah laku yang dapat dipertanggungjawabkan secara sosial.

FUNGSI BK

Bimbingan konseling mempunyai beberapa fungsi diantaranya

  • Pemahaman Membantu peserta didik untuk memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya agar dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya secara dinamis dan konstruktif.
  • Pencegahan Mengantisipasi berbagai masalah yang dapat terjadi dan berupaya untuk mencegahnya, agar tidak dialami oleh peserta didik.
  • Pengentasan Pemberian bantuan kepada peserta didik yang telah mengalami masalah pribadi, sosial, belajar, maupun karier.
  • Pemeliharaan dan pengembangan Membantu peserta didik agar dapat menjaga dan mempertahankan situasi kondusi yang telah tercipta dalam dirinya agar terhindar dari penurunan produktivitas diri.
  • Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dengan memfasilitasi perkembangan peserta didik. Untuk itu, program bimbingan harus sistematis dan berkesinambungan dalam upaya membantu peserta didik mencapai tugas-tugas perkembangannya

 

TUJUAN PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING

Tujuan pelayanan bimbingan adalah agar konseli dapat: (1) merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir serta kehidupan-nya di masa yang akan dating ; (2) mngembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal mungkin ; (3) menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat serta lingkungan kerjanya ; (4) mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat, maupun lingkungan kerja.

Secara khusus bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu konseli agar dapat mencapai tugas-tugas perkembangannya yang meliputi aspek pribadi-sosial, belajar (akademik), dan karir.

JENIS LAYANAN BIMBINGAN KONSELING

Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, mereka harus mendapatkan kesempatan untuk: mendapatkan layanan Bimbingan konseling Kegiatan layanan bimbingan konseling bisa diberikan secara langsung maupun melalui media .

Kegiatan layanan bimbingan konseling yang diberikan secara langsung, meliputi

  • konseling individual yaitu layanan yang diberikan secara individu terkait membantu penyelesaian masalah yang dihadapi baik masalah pribadi, social, belajar dan karir. Dalam kegiatan konseling individual ini prinsip yang harus diterapkan adalah kerahasiaan dalam artian apapun yang didiskusikan dalam layanan konseling individual hanya guru BK dan siswa saja, kecuali dengan persetujuan siswa masalah tersebut bisa diinformasikan kepada pihak lain dalam upaya membantu menyelesaikannya.
  • konseling kelompok yaitu kegiatan diskusi kelompok dengan topic yang didiskusikan adalah masalah yang berasal dari anggota kelompok untuk diselesaikan bersama-sama, anggota kelompok berjumlah 8-10 siswa, karena dalam konseling kelompok yang didiskusikan adalah masalah anggota kelompok maka anggota kelompok harus punya komitmen untuk menjaga kerahasian dari diskusi dalam konseling kelompok .
  • bimbingan kelompok, yaitu kegiatan diskusi kelompok dengan topic yang didiskusikan adalah topic yang bisa berasal dari guru bimbingan konseling ataupun dari anggota kelompok. Berbeda dengan konseling kelompok, bimbingan kelompok materi diskusi adalah masalah yang hangat terjadi dan anggota kelompok mempunyai pemahaman yang lebih terkait masalah tersebut.
  • bimbingan klasikal, yaitu bimbingan yang dilaksanakan sesuai jadwal guru BK masuk kelas, materi yang disampaikan berupa layanan orientasi, layanan informasi, dan penguasaan konten. Materi yang disampaikan dalam bimbingan klasikal adalah hasil assessment siswa dalam artian materinya sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain kegiatan diatas kegiatan layanan bimbingan konseling berupa bimbingan kelas besar atau lintas kelas, konsultasi, kolaborasi, alih tangan kasus, kunjungan rumah, Advokasi, konferensi kasus, dan peminatan. Layanan .

Sedangkan layanan bimbingan konseling yang melalui melalui media, meliputi (1) papan bimbingan, (2) kotak masalah, (3) leaflet, dan (4) pengembangan media bimbingan dan konseling.

 

Dari materi pengenalan Bimbingan Konseling diatas, Bimbingan konseling bukan tempat masalah tapi bagaimana kita bersama-sama mengembangkan tugas perkembangan diri. BK adalah sahabat siswa

 

 

 

Buanis.com

Buanis.com

Administrator at Omah BuAnis.com
Omah buanis.com Adalah sebuah media online untuk Berbagi Informasi Seputar Bimbingan dan Konseling, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik Menarik lainnya.
Buanis.com
Buanis.com
Buanis.com

Latest posts by Buanis.com (see all)

Buanis.com
Editor: buanis.com

Related posts