KEMAMPUAN DAN KEMAUAN

  • Whatsapp

KEMAMPUAN DAN KEMAUAN

Buanis.com – Kemampuan dan kemauan dalam mengikuti pembelajaran daring sering kita mengalami hambatan, penyebabnya kita merasa santai dalam menjalaninya, kita mengangap semuanya bisa dilakukan nanti , dan kita sibuk dengan kesenangan diri.

Kesempatan dan kesempitan itu datang dan pergi. Kesempatan harus gunakan sebaik mungkin dengan melakukan segala kewajiban yang membebani, misalkan kita diberikan kesempatan untuk mengikuti pembelajaran daring secara terjadwal, kesempatan untuk mengumpulkan tugas sesuai dengan kesepakatan waktu,jika kalian punya kemampuan dan kemauan pasti akan kalian lakukan tanpa banyak alasan.

Read More

Kita punya kemampuan dan kemauan untuk belajar tapi banyak hambatan yang tidak segera kalian atasi dengan baik, misalkan saat pembelajaran daring dilaksanakan kita lebih suka menundanya akhirnya tugas menumpuk, kesepakatan waktu pengumpulan tugas, jadwal evaluasi pembelajaran semakin dekat , kalian merasa ada kesempitan dalam waktu, merasa tertekan dan banyak hal, maka cara yang harus dilakukan tetap harus semangat untuk menyelesaikan tanggung jawab belajar kita yang sudah kita tunda dan harus mencari berbagai cara agar mendapatkan hasil sebaik-baiknya, tapi pastinya hasil yang kita dapatkan tidak akan sama saat kita dalam kita menjalani dalam waktu yang sesuai dengan kesepakatan.

Ketika kita menghadapi dan memanfaatkan kesempatan, perhatikan dua hal penting, yaitu kemampuan dan kemauan.

1. Kemampuan

kemampuan dan kemauan
kemampuan dan kemauan

Kemampuan berhubungan dengan apa yang bisa dan tidak bisa kita lakukan. Tanya aja sama diri kita, apa yang sudah kita lakukan dengan kemampuan kita?. Banyak dari kita mempunyai kemampuan dalam akademik misal kalian mempunyai kemampuan dalam pelajaran matematika, berbahasa membuat tulisan, membuat desain video atau lainnya, tapi karena kurang adanya kemauan kalian biarkan saja,kemampuan kalian terpendam tanpa diekspresikan.

2. Kemauan

kemampuan dan kemauan
kemampuan dan kemauan

Kemauan berhubungan dengan seberapa kuat dorongan hati kita mempengaruhi keinginan untuk melakukan sesuatu. Di satu sisi, kemauan itu ibarat pintu gerbang yang kuncinya ada di dalam. Artinya, kemauan berhubungan dengan kita !. Di sisi lain, kemauan juga bisa muncul karena dorongan luar, artinya ada orang lain yang mendorong kita untuk mengambil kesempatan, bisa teman, guru,orang tua atau siapa aja selain kita sendiri.

3. Kategori kemampuan dan kemauan

Katagori kemampuan dan kemauan orang yang dihubungkan dengan kesempatan. Berikut penjelasannya :

a. Mampu dan Mau

Yaitu tipe orang yang punya kemampuan untuk ngambil kesempatan dan punya kemauan untuk menggapainya. Tipe orang seperti ini kesempatan tidak akan pernah dilewatin, dia juga akan selalu mengasah kemampuan. Dia menganggap kemauan dan kemampuan yang dimiliki sebagai bekal untuk mencapai menuju kesuksesan. Dia akan selalu belajar pantang menyerah

b. Mampu tapi Nggak Mau

Yaitu tipe orang yang harus didorong-dorong untuk mau menggapai kesempatan yang ada, dia punya kemampuan yang luar biasa, tapi nggak mau mengambil kesempatan untuk mengekspresikan dan menggapainya. Kalau kamu termasuk tipe ini, maka kesempatan sering lewat tuh, dan kalau ada teman kamu yang ngambil kesempatan itu, paling kamu bilang,”ah, saya juga bisa, Cuma nggak sempat aja.” Tapi jelek-jelek gitu, teman kamu lho yang ngambil kesempatannya? Kamu cumin komentar doing….. Jadi? Ayo dong, ambil tuh kesempatan. Kamu punya kemampuan rugi jika tidak segera bergerak untuk mencapai kesempatan, ingatlah kesempatan tidak datang tiba-tiba tapi.

c. Nggak Mampu tapi Mau

Yaitu tipe orang yang menggebu-gebu walaupun kemampuan nggak ada. Kalau kamu termasuk tipe kayak gini, biasanya nafsu gede, tenaga kurang ; kadang-kadang malah bisa ngilangin kesempatan buat orang lain. Hati-hati lho, kamu mesti tahu diri untuk bersabar dikit, menambah bekal kemampuan sebelum kamu bener-bener mengambil kesempatan tersebut, yang jelas kamu harus banyak melatih kemampuan untuk mengimbangi kemauan kamu. Pasti ada banyak jalan yang terbentang jika kamu mau melakukan belajar banyak hal. Kemampuan bisa diasah agar jadi semakin berdaya.

c. Nggak Mampu dan Nggak Mau

Yaitu tipe orang yang nggak butuh tantangan, udah nggak mampu, ditambah nggak mau lagi. Kalau kamu masuk ke tipe ini (mudah-mudahan sih nggak), maka selain butuh latihan, kamu juga butuh dorongan (jadi kamu harus latihan didorong), ketika sudah didorong buat motivasi bukan sebagai beban yang bikin kamu tidak nyaman.

Nah, dari yang kita bahas tentang kemampuan dan kemauan jangan khawatir, posisi di manapun kalian berada sekarang sama sekali bukan posisi yang negative atau positif, melainkan menjadi motivasi tempat dari mana kamu akan melangkah. Ibarat kita mau pergi, selain kita mesti tahu akan ke mana, maka kita juga mesti tahu khan mulainya dari mana, iya nggak ? Di kuadran mana dan katagori apa pun kamu saat ini, kamu harus berusaha untuk mencapai posisi ideal, yaitu kamu jadi orang bijaksana, yang punya kemampuan dan kemauan.

 

Buanis.com

Buanis.com

Administrator at Omah BuAnis.com
Omah buanis.com Adalah sebuah media online untuk Berbagi Informasi Seputar Bimbingan dan Konseling, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik Menarik lainnya.
Buanis.com
Buanis.com
Buanis.com

Latest posts by Buanis.com (see all)

Buanis.com
Editor: buanis.com

Related posts