Menyambut Bulan Ramadhan

  • Whatsapp

 

Menyambut Ramadhan

Ramadhan adalah bulan dimana bulan yang sangat di tunggu oleh seluruh umat Islam di dunia. Banyak rutinitas yang dilakukan saat bulan Ramadhan yang di rindukan oleh seluruh umat islam di dunia baik rutinitas spiritual maupun rutinitas lain yang dijalani saat Ramadhan tiba. Banyak orang merindukan suasana Ramadhan yang penuh dengan suasana yang menyenangkan apalagi di daerah-daerah di Indonesia penuh dengan tradisi yang sangat ditunggu-tunggu saat Ramadhan.

Read More

Bagaimana tidak, bulan Ramadhan banyak membawa rahmat, berkah, kebaikan, dan ampunan dari Allah SWT serta dilipat gandakan amalan kebaikan yang dilakukan. Banyak orang muslim pada bulan Ramadhan berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan. Mulai dari menyiapkan takzil di masjid atau memberikannya di jalan-jalan , tadarrus Alqur’an dan banyak kegiatan lain yang dilakukan.

Untuk menyambut bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, yang sudah menunjukkan pesonanya yang indah, agar kita tidak hanya terpesona dalam melakukan hal-hal yang menghiasi diri kita dengan cahaya Ramadhan yang penuh berkah, maka kita harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut Ramadhan yang penuh berkah. Apa saja persiapan yang bis akita lakukan untuk menyambut Ramadhan, mari kita bahas Bersama.

A. Persiapan Ramadhan

Persiapan yang kita lakukan dalam menyambut bulan Ramadhan yang penuh pesona rahmat dan keberkahannya dengan cara :

1. Menuntaskan Hutang Puasa

Sebelum Ramadhan tiba, pastikan kalian sudah membayar hutang puasa pada Ramadhan sebelumnya. Mungkin pada Ramadhan sebelumnya kalian lagi sakit sehingga tidak memungkinkan untuk puasa, lagi datang bulan bagi anak perempuan, lagi bepergian sehingga kalian tidak memungkinkan untuk puasa ataupun saat Ramadhan tahun lalu kalian tergoda dengan sesuatu hal yang membuat kalian khilaf dan tidak puasa karena ketidaktahuan kalian. maka sudah seharusnya kalian untuk membayar semua utang puasa di tahun sebelumnya. Puasa ini disebut puasa Qadha. Puasa Qadha wajib dilaksanakan sebanyak hari puasa yang telah ditinggalkan saat Ramadan. Jika kalian dak membayar hutang puasa sampai bulan Ramadhan berikutnya, menurut hadits kalian harus membayarnya dengan dua kali lipat. Sebenarnya agama tidak memberatkan pada pemeluknya, kadang kita sendirilah yang membuat menjadi berat, pasti ada hikmah dan alasan dibalik semua aturan yang diberikan sang pencipta pada makhluknya.

2.Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan dengan suka cita

Tampak cahaya datang semakin mendekat dengan pesona keindahannya, membawa angin dengan desiran yang menyapu kalbu membuat ketentraman jiwa, langit biru dan alam semesta tersenyum dengan untaian pujian pada sang pencipta, manusia berlari menyonsong untuk menyambut mendapatkan rahmat dan keberkahannya, itulah kata Mutiara yang menggambarkan kebahagian menyambut bulan Ramadhan,dalam hadits juga disebutkan barang siapa yang menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan suka cita maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka, begitu mulianya bulan Ramadhan, mari kita sambut dengan suka cita bukan berarti suka cita yang melanggar aturan agama.

3. Membekali Diri dengan Pengetahuan Seputar ramadhan

pixabay

Dengan keberkahan dan mulianya serta dilipat gandakan kebaikan yang dilakukan pada bulan Ramadhan maka kita harus membekali diri dengan pengetahuan agar apa yang kita lakukan saat bulan Ramadhan memberikan makna dan kebaikan yang berlimpah sesuai dengan aturan yang ada. Jangan sampai setelah kita melewati akhir Ramadhan kita merasa belum banyak melakukan kebaikan dan aktivitas yang bermakna yang membuat kita merasa lapar dan dahaga saja.

4. persiapan jiwa dan mental.

pixabay

Persiapan mental yang bisa kita lakukan adalah memperbanyak amalan sunah misalkan dengan melakukan puasa sebelum Ramadhan, bisa puasa senin dan kamis, ataupun puasa pada bulan sya’ban, membiasakan shalat sunnah dan membawa Alqur’an. Dengan kegiatan amalan sunnah diharapkan jiwa dan mental kita terbiasa melakukannya sehingga pada bulan ramadahan jiwa dan mental kita siap untuk melaksanakan Ramadhan dengan khusuk dan bermakna.

5. persiapan fisik yaitu menjaga kesehatan.

Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang mewajibkan seluruh umat islam baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baliq, berakal sehat dan dalam kondisi yang sehat diwajibakan untuk berpuasa, selain wajib puasa karena bulan Ramadhan penuh dengan lipatganda kebaikan biasanya banyak awalan sunnah yang dilakukan seperti shalat tarawih, tadarus dan lainnya. Untuk bisa melaksanakan puasa wajib dan amalan sunah pada bulan Ramadhan, maka kita perlu persiapan fisik agar tetap sehat dan kuat di bulan Ramadhan. Kesehatan merupakan modal utama dalam beribadah. Bila kita sehat, maka kita dapat melakukan ibadah dengan baik dan optimal. Namun bila kita sakit, maka ibadah kita bisa terganggu.

Demikianlah persiapan yang bisa kita lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan datang, mari kita persiapkan diri dengan maksimal untuk bisa menjalani Ramadhan dengan penuh makna dan kekhusukan

Buanis.com

Buanis.com

Administrator at Omah BuAnis.com
Omah buanis.com Adalah sebuah media online untuk Berbagi Informasi Seputar Bimbingan dan Konseling, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik Menarik lainnya.
Buanis.com
Buanis.com
Buanis.com

Latest posts by Buanis.com (see all)

Buanis.com
Editor: berbagai sumber

Related posts