Materi Bimbingan Konseling

  • Whatsapp

Tema Dampak Negatif Pacaran

 

 

Read More

Apa sih yang dimaksud dengan pacaran? pacaran adalah hubungan antara dua orang disebabkan adanya keterikatan emosi antara pria dan wanita yang belum menikah dengan tujuan untuk saling mengenal dan melihat kesesuaian antara satu sama lain sebagai pertimbangan sebelum menikah.

Dari pengertian tersebut yang perlu digarisbawahi adalah untuk mengenal satu sama lainnya sebagai bahan pertimbangan sebelum menikah. Bagaimana pacaran diusia remaja ? apa yang harus dilakukan ketika seorang remaja mulai tertarik dengan lawan jenisnya? Bagaiman dampak negative pacaran diusia remaja ? Bagaimana Tips agar tidak terjerumus dengan dampak negative pacaran diusia remaja ? Mari kita simak satu persatu ya….

Masa remaja adalah masa yang penuh dengan banyak perubahan yang dialami, mulai dari perubahan secara fisik maupun secara psikis. Secara fisik remaja mulai berkembang dengan segala pesonanya, secara psikis remaja mulai tertarik dengan lawan jenisnya, ini adalah sebauah kenormalan ,tapi tetap harus dijalur yang benar atau bijaksana. Karena jika tidak bijaksana dalam mengekspresikan ketertarikan pada lawan jenis akan banyak dampak negative yang dialami oleh remaja tersebut, berikut adalah dampak negative pacaran diusia remaja

A. Dampak Negatif Pacaran

1. Remaja Mudah terjerumus keperzinaan

Pada saat ini dengan pesatnya media digital, baik tayangan yang ada di TV, di youtobe dan dimedia lainnya yang menampilkan hubungan pacaran yang melebihi kewajaran, bagi remaja tontonan tersebut berdampak ingin meniru apa yang dilihat. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh sebuah lembaga swadaya masyarakat telah ditemukan banyak kasus remaja yang KTD (kehamilan tidak diinginkan) dan banyaknya kasus aborsi yang dilakukan karena pacaran di luar batas. Menurut agama perzinaan adalah perbuatan yang sangat dilarang, dari larangan tersebut pastinya banyak hikmah yang bisa kita ambil.

2. Menipisnya Iman

Remaja yang pacaran akan lupa bahwa apa yang dilakukan saat melakukan hal-hal negative diawasi oleh Allah sebagai penciptanya, remaja juga akan lupa bahwa apa yang dilakukan saat pacaran menimbulkan dosa.

3. Sering munafik


Ciri orang yang munafik adalah ketika berbicara dia berdusta, ketika berjanji selalu diingkari. Ketika dipercaya dia berkhianat. Saat remaja pacaran biasanya sering berdusta contohnya ketika dia bilang pada pacarnya bahwa dia sedang belajar padahal dia lagi senang-senang main game, ketika diajak belajar kelompok dengan temannya dia akan bilang ada keperluan dengan orang tua padahal dia lagi janjian dengan pacarnya. Ketika berjanji selalu mengingkari contohnya ketika remaja ada tugas dari sekolah dia berjanji akan mengumpulkan tepat waktu namun dia tidak mengumpulkan sampai batas kesepakatan habis dikarenakan dia asyik chat sama si pacar. Ketika dipercaya dia berkhianat contohnya Dia meminta uang orang tua untuk keperluan sekolah, namun yang dilakukan dia adalah menghabiskan uang orang tua untuk traktir pacarnya.

4. Sering melamun dan panjang angan-angan


Remaja yang punya pacar biasanya suka berkhayal melamunkan hal-hal terkait dengan pacarnya, dan yang lebih berbahaya adalah remaja mengangan-angankan sesuatu yang dilakukan dengan pacarnya. Hasilnya remaja akan lupa dengan belajar dan tanggung jawabnya sebagai pelajar, anak , dan bagian dari masyarakat.

5. Menurunnya produktifitas dalam berkarya


Pacaran biasanya membuat remaja akan disibukkan dengan kegiatan berkaitan dengan pacarnya misalkan berduaan , chat yang tidak mengenal waktu, jalan-jalan dan belum lagi jika terjadi kesalahfahaman serta bertengkaran membuat remaja menjadi menurun produktifitasnya dalam berkarya, yang awalnya remaja motivasi berkaryanya tinggi akhirnya menurun gara-gara dia punya pacar

6. Gaya Hidup menjadi boros


Remaja yang pacaran, gaya hidupnya menjadi boros, misalkam remaja harus sering beli quota internet untuk chat, untuk telp , vcall dan lainnya, belum ketika pacar ngajak janjian maka perlu biasa agar tampil cantik, biasanya kalau keluar tidak perlu pakai minyak wangi, ketika punya pacar dia beli minyak wangi, belum untuk traktir membelikan makanan ataupun minuman, belum lagi dia membelikan kado hadiah katanya sebagai bentuk perhatian.

Dari dampak negative pacaran diatas, apa sih yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk memiliki pacar , mari kita bahas berikut ini

B. Penyebab Remaja Pacaran

1. Pengaruh digital


Semakin merebaknya sinetron, film maupun drama-drama percintaan membuat remaja dimana masa yang penuh keingintahuan mencoba-coba untuk pacaran tanpa memikirkan akibat yang akan dialami ketika dia memutuskan untuk pacaran.

2. Membuktikan diri bahwa remaja cukup menarik


Sebenarnya pola pikir tentang bahwa remaja semakin banyak pacar yang dimiliki, semakin dia menarik. Padahal semakin remaja itu banyak pacar akan semakin banyak pelecehan yang dia alami tanpa dia merasakan, buktikan diri kalian adalah remaja yang menarik dengan menunjukkan karya, prestasi, karakter kalian yang menonjol.

3. Pengaruh lingkungan remaja


Kadang orang yang dekat dengan remaja akan memberikan efek yang positif dan negative, jika lingkungan disekitar remaja menceritakan tentang bagaimana asyiknya punya pacar (dalam tanda kutip, hanya iming-iming saja) membuat remaja akhirnya ikut-ikutan saja. Maka sebagi remaja, pilihlah lingkungan yang kondusif dan jadilahlah kalian kopi ( tidak mudah terbawa oleh arus ,tapi kalian yang membuat arus itu sendiri)

Demikian materi yang bisa disampaikan, kita lanjutkan materi yang lain dipertemuan berikutnya

Qoutes # Tidak ada satupun dapat mewakilimu menjalani kehidupan, kamulah satu-satunya yang bertanggung jawab atas pilihan hidupmu.Maka persembahkan sisi terbaikmu di dunia, hingga kamu layak mendapatkan kenikmatan di surge nanti#

Buanis.com

Buanis.com

Administrator at Omah BuAnis.com
Omah buanis.com Adalah sebuah media online untuk Berbagi Informasi Seputar Bimbingan dan Konseling, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik Menarik lainnya.
Buanis.com
Buanis.com
Buanis.com

Latest posts by Buanis.com (see all)

Buanis.com
Editor: berbagai sumber

Related posts