Manajement Penggunaan HP Pada Masa Pandemi

  • Whatsapp
Berbagi Informasi Seputar Guru Bimbingan dan Konseling

 

Manajement Penggunaan HP Pada Masa Pandemi

Pada masa pembelajaran jarak jauh,dimana siswa diberikan kebebasan untuk memegang HP sendiri dengan berbagai fasilitas yang diberikan oleh orang tua dengan harapan anaknya bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh, namun ada sekitar 50 persen siswa yang menyalahgunakan kebebasan dalam memanfaatkan HP, ini bisa dilihat pada saat pembelajaran daring siswa tidak respon dalam diskusi kelas online, tidak mengikuti pembelajaran secara daring dengan baik.

Read More

Apa sih penyebabnya siswa tidak respon dalam pembelajaran jarak jauh ? banyak dari  siswa menjawab penyebabnya adalah siswa tidak bisa memanajement penggunaan HP dengan baik, banyak siswa yang memenfaatkan HPnya untuk noton drakor dengan beberapa episode, ada juga yang digunakan untuk main game sehingga lupa waktu, ada yang digunakan untuk nonton youtobe, tik tok dan media social yang lain. Bagaimana dengan kalian? Bagaimana sih cara memanajement penggunaan HP dengan baik ? Mari kita bahas Bersama-sama ya….

Pada masa pandemi ini aplikasi pembelajaran, game dan aplikasi digital semakin dikembangkan. Banyak orang memanfaatkannya sesuai pilihan dan kebutuhan masing-masing, namun bagi siswa walaupun tidak tatap muka di sekolah tapi pembelajaran secara daring tetap dilaksanakan. Berikut adalah cara memanajement penggunaan HP agar kegiatan yang kita lakukan tidak hanya berat disalah satu ,….

 

1. Buat Rencana

 

Buanis.com | Bimbingan dan Konseling

Agar kita dapat mengatur kegiatan kita dalam masa pembelajaran jarak jauh yang harus kita lakukan adalah membuat rencana kegiatan , salah satunya adalah dengan membuat jadwal kegiatan harian yang memerlukan penggunaan HP. Buat jadwal kegiatan harian tidak perlu terlalu rinci, kalian bisa menuliskan kegiatan apa saja yang akan kalian lakukan dalam satu hari itu. Misalakan kegiatan belajar daring, beribadah, membantu orang tua, dan kegiatan santai yang  memanfaatkan HP. Buat porsi waktu penggunaan HP dalam kegiatan yang berbeda.

2. Mengatur kegiatan

Buanis.com | Bimbingan dan Konseling

Setelah kalian membuat rencana kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya mengatur penggunaan HP dalam kegiatan harian kalian, kapan kalian memanfaatkan HP untuk belajar, main game, lihat youtobe, bermedia social dan kapan kalian harus rehat untuk tidak memegang dan focus pada kegiatan  kalian, karena pastinya ada kegiatan rutinitas yang dilakukan misalkan untuk beribadah dan membantu orang tua.

3. Melaksanakan

Setelah mengatur kegiatan maka buat komitmen terhadap diri untuk bisa melaksanakan rencana kegiatan penggunaan HP yang kalian lakukan. Memang awal sulit untuk bisa melepaskan untuk tidak focus pada HP apalagi saat pandemic, tapi jika tidak komitmen untuk bisa melaksanakan maka hidup kalian akan jadi berantakan.

4. Buat Refleksi atau evaluasi

kalian harus buat refleksi dan evaluasi terhadap penggunaan HP, refleksi dilakukan guna mengetahui sebesar apakah manfaat yang kalian dapatkan dari menggunakan HP. Misalkan kalian menggunakan untuk belajar berapa persen yang kalian dapatkan pengetahuan dan wawasan dari penggunaan HP, untuk main game seberapa besar manfaat yang kalian dapatkan dari main game, dan seberapa besar manfaat yang kalian dapatkan dari media social serta aplikasi-aplikasi yang ada di HP . setelah mengetahui seberapa besar manfaat yang kalian dapatkan, maka kalian bisa mengevaluasi diri sendiri dari penggunaan HP dengan tujuan hidup kalian. Jangan sampai penggunaan HP membuat kalian merasa asing di dunia nyata kalian.

Itulah 4  cara memanajement HP yang bisa saya sampaikan, pesan saya… dengan HP kalian bisa merubah diri dan dunia kalian, maka bijaksanalah dalam memanfaatkan HP kalian. Jangan sampai HP kalian membawa kalian pada situasi yang menakutkan di dunia nyata dan maya kalian. Dunia maya bisa menyenangkan bisa juga menakutkan tergantung bagaimana kita mengkondisikan. Banyak aplikasi di HP yang bisa menguntungkan dan merugikan diri kita, banyak juga konten yang membuat kalian tertarik untuk melakukan , sebelum meniru dan membuat konten dan mengupload dalam media social yang ada di HP kalian pikirkan dulu baik dan buruknya, karena kalian tidak hidup sendiri tapi banyak orang yang ada disekitar kalian yang bisa jadi imbas dari apa yang kalian lakukan

Qoute # Bermedia social harus punya etika, kita orang Indonesia yang menjunjung etika diatas segalanya, bijaksana dalam penggunaan HP dan bermedia social akan menyelamatkan diri dari jurang kehancuran, Hidup itu indah maka nikmati keindahannya tanpa harus merusaknya #

Buanis.com

Buanis.com

Administrator at Omah BuAnis.com
Omah buanis.com Adalah sebuah media online untuk Berbagi Informasi Seputar Bimbingan dan Konseling, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik Menarik lainnya.
Buanis.com
Buanis.com
Buanis.com

Latest posts by Buanis.com (see all)

Buanis.com
Editor: berbagai sumber

Related posts