8 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

  • Whatsapp

8 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Buanis.com Kepercayaan diri merupakan keyakinan diri seseorang yang merasa mampu melakukan sesuatu seperti yang diharapkan. Keyakinan itu muncul karena ia mampu mengukur kelebihan yang dimiliki. Jadi tidak asal dan merasa sok bisa, atau hanya ingin mencoba-coba.

Menerima apapun kelebihan atau kekurangan diri yang dimiliki, merupakan hal yang paling bijak untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan dapat tampil secara wajar dalam penyesuaian dirinya dengan lingkungan.

Read More

Ciri-ciri orang yang Memiliki Kepercayan diri

Orang yang memiliki kepercayaan diri memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Optimis

8 Tips Meningkatkan Kepercayaan diri

Ia selalu memiliki harapan yang positif menghadapi segala hal. Kalau gagal, ia menganggap bahwa kegagalan itu jalan menuju kesuksesan yang tertunda, dan akan mengevaluasi penyebab kegagalan tersebut untuk mencari cara untuk mengubah strategi dan langkah dalam mencapai kesuksesan yang tertunda. Sikap optimis itu muncul karena memiliki pandangan ke depan.

2. Ambisi yang tepat

8 Tips Meningkatkan Kepercayaan diri

Ambisi adalah dorongan untuk mencapai sukses. Orang yang memiliki kepercayaan diri memiliki ambisi untuk mendorong dirinya , dan berusaha untuk mencapai target yang telah direncanakan, dengan tetap memiliki pertimbangan dan perhitungan tertentu dalam langkah mencapai kesuksesan secara bijaksana tidak membabi buta

3. Tidak egois

8 Tips Meningkatkan Kepercayaan diri

Sikap orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi tidak egois, tetapi mampu memperhatikan dan memperdulikan orang lain. Ia punya tanggungjawab, simpatik, dan siap memberi bantuan. Bahkan ia tidak akan merasa tersaingi kalau orang yang ditolongnya lebih maju.

4. Toleran

8 Tips Meningkatkan Kepercayaan diri

Toleran berarti punya sikap, menghargai pendirian yang berbeda atau bertentangan dengan pendiriannya sendiri. Tidak memaksakan pendiriannya agar orang lain harus melakukan hal sama seperti dirinya. Apalagi kalau sampai menunjukkan bahwa dia adalah orang yang berpengaruh.

5. Tidak berlebihan

8 Tips Meningkatkan Kepercayaan diri

Orang yang mempunyai kepercayaan diri mampu menampilkan dirinya secara wajar dan apa adanya tanpa rasa malu. Orang yang punya kepercayaan diri tidak akan melakukan hal yang tindakan untuk menarik perhatian orang lain untuk menutupi kekurangan dirinya..

Setiap indivu cenderung mengharapkan dirinya berkembang dan dapat menjadi lebih baik lagi. Untuk mengembangkan dirinya, orang yang memiliki kepercayaan diri akan menggali segala kemampuan dan potensinya dengan baik serta berusaha mewujudkan apa yang menjadi target dalam kehidupannya.. Hal ini dapat diperoleh apabila seseorang tersebut setidaknya memiliki rasa kepercayaan diri terlebih dahulu, sehingga dapat meningkatkan perkembangannya baik oleh dirinya sendiri maupun lingkungan yang akan membantu untuk pencapaiannya.

Faktor yang Membantu Meningkatkan rasa Kepercayaan diri

Ada beberapa faktor yang dapat membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri, diantaranya:

a. Mengenal diri

Agar seorang mempunyai kepercayaan diri, dia harus mengenal atas kelebihan dan kekurangan , sikap mengenal dirinya dimaksudkan untuk meningkatkan perkembangan potensi dan kemampuan yang dimiliki.

b. Kesadaran diri

Kesadaran diri dalam meningkatkan kepercayaan diri sangatlah penting dalam kehidupan. Karena dengan memiliki kesadaran diri seorang akan memahami sifat, perilaku, dan perasaan diri sendiri .Hal ini dapat membawa perubahan yang positif dengan membuat Anda lebih percaya diri, kreatif, dan dapat berkomunikasi secara efektif. Orang yang memiliki kesadaran diri juga cenderung mengetahui kekuatan dan kelemahannya sendiri, serta dapat melihat suatu peluang dengan baik sehingga kesempatan untuk sukses menjadi lebih besar.

c. Integritas diri

Integritas diri sangat merupakan factor yang membantu meningkatkan kepercayaan diri , karena dengan memiliki integritas diri membuat seorang tampil percaya diri, bijaksana dalam menanggapi segala keberhasilan dan kegagalan yang dialami dalam kehidupannya
Mereka senantiasa memilih yang benar dan berpihak kepada kebenaran.. Mengatakan kebenaran secara bertanggung jawab, bahkan ketika merasa tidak enak mengatakannya. Dengan memiliki Integritas diri, seseorang akan memiliki motivasi yang tinggi dalam mengembangkan potensinya, memiliki empati pada situasi yang ada disekitarnya.

d. Pemahaman diri

Seseorang yang memiliki kepercayaan diri harus memahami dirinya dengan baik, dengan memahami dirinya seorang dapat mengembangkan segala potensi yang dimiliki, dan mengubah segala kekurangan yang dimiliki sebagai motivasi untuk memperbaiki diri

Tips meningkatkan kepercayaan diri

Bagaimana sih cara agar mempunyai kepercayaan diri yang tinggi

a. Sering latihan dalam hal apapun
b. Berani tampil Berani Tampil dimanapun dalam setiap kesempatan
c. Buatlah daftar keberhasilan
d. Bersikap optimis
e. Jangan putus asa jika gagal
f. Menerima masukan yang baik
g. Bersikap Asertif.
h. Obyektif Menilai Diri Sendiri

“Percaya pada dirimu sendiri! Percayalah pada kemampuanmu! Tanpa kepercayaan diri yang rendah hati dan masuk akal terhadap kekuatan sendiri, kamu tidak akan berhasil atau bahagia.” – Norman Vincent Peale

Baca Juga artikel tentang  5 langkah Menjadi Pribadi Yang Mandiri Di masa Pandemi

Buanis.com

Buanis.com

Administrator at Omah BuAnis.com
Omah buanis.com Adalah sebuah media online untuk Berbagi Informasi Seputar Bimbingan dan Konseling, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik Menarik lainnya.
Buanis.com
Buanis.com
Buanis.com

Latest posts by Buanis.com (see all)

Buanis.com
Editor: buanis.com

Related posts