5 Cara Bijaksana Dalam Bermedia Sosial

  • Whatsapp

5 Cara Bijaksana dalam Bermedia social

buanis.com Pada masa pandemic merupakan gerbang awal bagi seluruh manusia tanpa batas umur memanfaatkan media social sebagai sarana dalam banyak hal, sebagai sarana berkomunikasi ,melalui media social kalian bisa berkomunikasi dengan siapapun tanpa batas. ,sarana mendapatkan informasi yang lebih cepat, dan sarana mendapatkan hiburan.namun kita juga harus bijaksana dalam bermedia social, karena yang kita hadapi adalah seluruh orang di dunia dengan berbagai karakter dan tujuan masing-masing. Agar kita terhindar dari hal-hal negative dari media social, maka kita harus bijaksana dalam bermedia social, Berikut Cara bijaksana dalam bermedia sosial

Cara Bijaksana Dalam Bermedia Sosial

1. Buat akun media social sesuai dengan nama kalian

5 Cara Bijaksana Dalam Bermedia Sosial

Mengapa sih kita harus membuat akun media social dengan nama kita ? karena dengan membuat akun media social nama kita ,membantu kita untuk tidak share postingan yang kurang baik ,baik berupa tulisan, video, maupun suara. Tapi tetap harus diingat jaga privasi diri sendiri , jangan menampilkan data pribadi, seperti nomer telpon, alamat rumah, dan juga kalian bisa gunakan mode privasi dalam akun media social, sehingga tidak semua orang bisa mengakses akun media social kalian, kecuali memang media social kalian gunakan untuk marketing, silakan gunakan mode public namun tetap tidak share data pribada yang sangat lengkap

Read More

2. Terapkan Etika

5 Cara Bijaksana Dalam Bermedia Sosial

Etika diperlukan dalam bermedia social, Ketika kita bermedia social pastinya kita akan meninggalkan rekam jejak digital yang rekam jejak tersebut bisa dibuat sebagai bahan bukti dalam kasus yang masuk dalam ranah hukum.
Ketika kalian berkomunikasi lewat media social misalnya etika yang harus kalian lakukan terutama berkomunikasi dengan guru atau dengan orang yang ingin kalian ajak komunikasi.
Etika Berkomunikasi
a. Ucapkan salam
b. Perkenalkan diri dulu
c. Kemukakan maksud dan tujuan kalian berkomunikasi
d. Ucapkan terima kasih Ketika di respon
Berikut etika dalam berkomunikasi di media social, jikalau kalian ingin berkomentar terhadap postingan teman kalian maka komentarlah yang baik dan jangan memberikan komentar yang membully atau tidak menyenangkan, bisa jadi komentar yang kalian berikan membuat teman kalian tersinggung dan akan menjadi konflik

3. Filter Postingan

5 Cara Bijaksana Dalam Bermedia Sosial

Dengan media social kita bisa share apapun yang ingin kita tunjukkan pada orang lain, baik berupa tulisan, gambar, video, suara, dan lainnya . namun harus diingat apapun yang kita posting akan menunjukkan tentang kita , dan bisa jadi berefek baik dan berefek buruk pada diri. Contohnya Ketika kita share foto atau video yang kurang pantas sesuai dengan etika maka kita bisa di bully oleh orang lain atau bisa dimanfaatkan untuk tindakan kejahatan (pemerasan). Jika kalian ingin membagikan informasi, filter dulu informasi tersebuat, apakah informasi itu terbukti kebenarannya, sesuai dengan tempatnya kalian berbagi informasi , dan bukan informasi yang menimbulkan kebencian , ingat tentang UU ITE pada Pasal 28 ayat (2) UU ITE yang berbunyi “melarang setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)”.Adapun ancamannya terdapat dalam Pasal 45A ayat (1), setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan dipidana dengan pidana penjara enam tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

4. Akses Media sosial sesuai dengan usia kalian

5 Cara Bijaksana Dalam Bermedia Sosial

Handphone adalah pintu dunia kita, dengan handphone kita bisa mengakses apapun yang kita ingingkan, kita bisa berselancar pada situs-situs yang ingin kita gabung, ada whatsapp, youtobe, Instagram, facebook, telegram, tik tok, game, dan masih banyak lainnya. Maka akses media sosial sesuai dengan usia kalian agar kalian bisa berkembang sesuai dengan perkembangan kalian, sebelum kalian mengakses media sosial tertentu cari informasi sebanyak-banyaknya, tujuan yang ingin kalian dapatkan dari media sosial tersebut, dan manfaat yang ingin kalian dapatkan, dan ingat juga jangan ikut-ikutan mengakses media sosial yang membahayakan diri kalian, misalkan situs perjudian, pornografi, kekerasan, dan situs negative lainnya

5. Buat Media sosial sebagai sarana berkarya

5 cara Bijaksana Dalam Bermedia Sosial

Manfaatkan media sosial kalian sebagai sarana berkarya, misalkan kalian suka desain gambar, bikin desain gambar yang menarik dan posting ,bisa jadi desain kalian bisa menghasilkan sesuai, jika kalian suka post berbagi tips tentang tertentu, maka jangan malu-malu untuk posting tapi tetap dalam kolidor beretika.

Demikian 5 cara bijaksana dalam bermedia sosial, dengan bijaksana dalam menggunakan media sosial bisa menyelematkan diri kita dari hal-hal negatif yang akan kita dapatkan, jari-jarimu sebagai pedangmu dalam bermedia sosial, jangan sampai pedang itu membunuhmu.

Baca Juga artikel tentang Manajemen Penggunaan HP pada Masa Pandemi

Buanis.com

Buanis.com

Administrator at Omah BuAnis.com
Omah buanis.com Adalah sebuah media online untuk Berbagi Informasi Seputar Bimbingan dan Konseling, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik Menarik lainnya.
Buanis.com
Buanis.com
Buanis.com

Latest posts by Buanis.com (see all)

Buanis.com
Editor: berbagai sumber

Related posts