4 Langkah Meraih Sukses

  • Whatsapp

4 Langkah Meraih Sukses

Buanis.com Setiap orang dalam kehidupannya pasti ingin meraih kesuksesan, sukses dalam belajar, sukses dalam bergaul, sukses dalam karir, dan sukses dalam segala sendi kehidupan yang dijalani. Agar kita bisa meraih sukses, yang harus kita lakukan adalah memiliki konsep diri yang positif, dalam artian kita memahami segala kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Dengan memahami kelebihan yang kita miliki kita bisa mengembangkan diri dengan baik, sedangan dengan kekurangan kita miliki kita mencoba merubah kekurangan menjadi kelebihan.
Berikut adalah Langkah meraih sukses yang sudah banyak dilakukan oleh orang-orang yang sudah meraih sukses.

1. Mengenal Potensi diri

4 langkah meraih sukses

Potensi diri adalah segala kelebihan yang dimiliki seseorang yang dipunyai sejak lahir ataupun didapatkan dari proses pengembangan potensi yang dimiliki, Ketika kita sudah mengenal potensi diri kita , kita bisa mengembangkannya dan diasah dengan berbagai cara untuk meraih sukses Potensi seseorang bisa dibagi dalam potensi kecerdasan intelektua yaitu potensi seseorang untuk berpikir dan bertindak secara terarah, serta mengolah dan menguasi lingkungan secara efektif . potensi yang kedua adalah kecerdasan social yaitu potensi yang dimiliki seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain, mempunyai kepekaan sosial, mampu berkomunikasi dengan baik, mempunyai empati, pengertian terhadap orang lain. yang ketiga adalah potensi kecerdasan emosional yaitu potensi yang dimiliki seseorang dalam mengolah emosinya dengan baik.yang terakhir adalah potensi spiritual merupakan kepekaan batin seseorang untuk melihat dan merasakan perbedaan antara suatu kebaikan dan keburukan, dengan potensi kecerdasan spiritual, seseorang mempunyai kemampuan diri untuk memilih dan berpihak kepada kebaikan dan dengan memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi seseorang tidak mudah cepat putus asa, pantang menyerah, hidupnya akan penuh dengan harapan dan ketenangan hati. Ia sadar bahwa yang menata kesuksesan dirinya adalah Allah, Tuhan yang Maha ESa.

Read More

Dari potensi yang telah kita bahas, jika kita bisa mengembangkan dengan baik , sukses bisa kita raih, jika kita mengalami kegagalan, kita menganggap bahwa itu adalah awal menuju kesuksesan

2. Memiliki sikap Adversity Qoutient

4 langkah meraih sukses

Adversity Qoutient adalah kemampuan seseorang untuk bertahan menghadapi kesulitan dan mampu mengatasi kesulitannya dengan baik. Semua manusia dilahirkan dengan dilengkapi satu dorongan inti manusiawi, yakni dorongan untuk terus berjuang mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan Adversity Qoutient yang tinggi membuat seseorang selalu optimis dalam meraih sukses, jika ada tantangan yang dihadapi, akan mencari cara menyelesaikannya.

3. Tanamkan kekuatan sugesti diri

4 langkah meraih sukses

Sugesti diri adalah, keyakinan dalam diri kamu tentang apa yang bisa kamu lakukan dan tidak bisa kamu lakukan.sukses dan tidak sukses juga bisa berasal dari diri, mari kita sugesti diri dengan hal yan positif dengan cara berikut

a. Hapuskan segala yang merisaukan .

Kegagalan yang kita alami dimasa lalu yang membuat kita risau, mari kita hapus bayangan kegagalan tersebuat dan mulai bangkit untuk merefleksi diri

b. Ganti dengan hal-hal positif

Dengan bekal refleksi kegagalan yang kita terima, kita bisa mengganti dengan berpikir positif bahwa kegagalan awal kesuksesan, maka kita harus mencari cara agar tidak gagal kembali.

c. Kuatkan dengan kata-kata bermakna

Perlu banget untuk menyatakan apa yang kamu rencanakan dalam kata-kata, moto atau ungkapan-ungkapan (meskipun dalam hati) yang semakin menguatkan kamu untuk maju.

d. Libatkan perasaan sampai kamu benar-benar terlibat

Jangan pernah membohongi perasaan, berusahalah semakin peka dengan apa yang kamu rasakan, dan jangan malu untuk mengekspresikannya.

e. Cobalah untuk mengatur tempo

Stamina kamu tentu terbatas. Kesuksesan itu tidak bisa dicapai hanya dengan berlari cepat, akan tetapi bisa kita peroleh dengan berlari marathon. Mengatur tempo juga berarti peka dalam melihat peluang.

4. Miliki sikap optimis

4 langkah meraih prestasi

Memiliki sikap optimis berarti memberikan kekuatan dahsyat yang akan menggiring kita untuk meraih apa yang kita inginkan. Paling tiak rasa opitimis membuat kita nyaman dalam melangkah. Perlu diingat bahwa untuk menuju suatu tempat dimulai dari satu langkah kita. Demikian pula untuk mewujudkan kesuksesan juga dimulai dari sata langkah yaitu optimis. Permsalahannya adalah bagaimana dapat mematrikan rasa optimis dalam segala perbuatan dan tindakan yang kita lakukan.

Kita bisa belajar dari pengalaman orang-orang sukses yaitu orang-orang yang selalu yakin dan percaya bahwa mereka dapat mencapai tujuan yang diinginkannya dalam hidupnya dengan caramenetapkan tujuan dan mengerahkan segala energi dan upayanya untuk meraih cita-citanya. Jatuh bangun dalam meraih sukses dianggap sebagai variasi dalam hidupnya. Dan yang terpenting mereka teap focus pada tujuan dan pantang menyerah sebelum semuanya tercapai. Pengalaman dari Thomas Alfa Edison menunjukkan kegigihan dia dalam menemukan lampu pijar setelah sampai 10.000 kali percobaan akhirnya dia berhasil. Ini menunjukkan bahwa sikap optimis, semangat pantang

Baca juga Artikel Quote Terbaik Tentang Motivasi Kehidupan

Buanis.com

Buanis.com

Administrator at Omah BuAnis.com
Omah buanis.com Adalah sebuah media online untuk Berbagi Informasi Seputar Bimbingan dan Konseling, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik Menarik lainnya.
Buanis.com
Buanis.com
Buanis.com

Latest posts by Buanis.com (see all)

Buanis.com
Editor: buanis.com

Related posts