Tanggung Jawabku Berbuah Manis

  • Whatsapp

 

Tanggung Jawabku Berbuah Manis

Pandemi covid yang belum berujung pergi, pembelajaran tetap dilakukan di rumah secara daring. Untuk memfasilitasi siswa dalam belajar di rumah orang tua dengan berbagai upaya dilakukan mulai dari membelikan HP dengan fasilitas yang super, menyisihkan uang untuk membelikan kuota dan kadang sampai rela untuk memasang wifi di rumah. Segala upaya yang dilakukan oleh orang tua karena orang tua tidak menginginkan anaknya tertinggal dalam pembelajaran daring.

Read More

Fakta yang ada banyak siswa dengan berbagai fasilitas yang disediakan orang tua disalahgunakan, misalkan Ketika pembelajaran daring sudah dimulai sesuai dengan kesepakatan waktu ,ada beberapa siswa yang tidak respon dan mengikuti, Ketika dikonfirmasi apa kendala yang dihadapi? Jawabannya kuota habis , sinyal buruk, wifi mati dan yang lebih mengenaskan jawabannya masih tidur karena malam begadang main game, lihat youtobe, nonton drakor atau anime.

 Jika siswa tidak mengikuti pembelajaran secara daring selama 3 kali, guru akan mengkonfirmasi ketidakhadiran, apa kendala yang dialami, namun Ketika guru konfirmasi, siswa sudah punya pikiran negative dengan segala presepsinya, padahal Ketika siswa menyampaikan kendala dengan penuh tanggung jawab, guru akan sangat senang dan siap membantu dan memberikan kemudahan. Kebalikannya jika siswa tidak merespon konfirmasi yang dilakukan guru terkait pembelajaran daring, guru akan bekerjasama dengan orang tua untuk Bersama-sama membantu siswa dalam mengatasi kendala dan hambatan yang dialami dalam pembelajaran daring.

Perlunya tanggung jawab diri dalam mengelola penggunaan HP dengan fasilitas dan situasi serta kondisi.perlu dilakukan agar diri merasa enjoy dalam situasi pandemic. Bagaimana sih prilaku yang harus diterapkan agar bisa bertanggung jawab ?

1. Prilaku Tanggung Jawab

  • Sadar akan tugas kewajiban yang diemban

Ketika kalian sudah mendapatkan hak yang diberikan oleh orang tua berkaitan dengan pembelajaran secara daring , kalian harus menjalankan kewajiban yang kalian emban, karena kalian sebagai pelajar, maka tugas kalian adalah belajar. Bagaimana agar kalian sadar akan tugas kewajiban yang diemban ? Kalian harus memahami tujuan kalian dalam belajar.

  • Perbuatan yang dilakukan sesuai kewajiban

Dengan kesadaran menjalankan tugas kewajiban yang diemban, siswa dapat menerapkan perbuatan yang dilakukan sesuai kewajiban, contohnya merespon kegiatan pembelajaran dengan kesepakatan yang telah dibuat.

  • Menyelesaikan tugas dengan baik sesuai target

Dalam pembelajaran secara daring, siswa diberikan kebebasan dalam belajar secara mandiri, agar pembelajaran mandiri yang dilakukan siswa terarah, guru memberikan tugas yang harus diselesaikan siswa sesuai dengan target waktu yang telah disepakati, jika siswa menyelesaikan tugas dengan baik sesuai target, siswa akan merasa menyenangkan dengan belajar dan tugasnya, kebalikannya jika siswa tidak menyelesaikan tugas sesuai dengan target pastinya siswa akan merasa tertekan dan berat karena tugas semakin menumpuk.

2. Manfaat Bertanggung Jawab

Jika aku bertanggung jawab maka aku akan…

  • Memiliki sikap disiplin

Disiplin dalam mengikuti pembelajaran, disiplin terhadap kesepakatan dalam menyelesaikan tugasnya, disiplin terhadap kesepakatan yang telah ku buat.

  • Menghargai waktu

Waktu selalu berputar tidak akan pernah Kembali, maka akan ku gunakan waktuku dengan sebaik-baiknya, karena bagiku waktu seperti pedang yang akan memenggalku jika aku melalaikan dalam penggunaanya. Khan ku gunakan waktu mudaku untuk belajar dan berkarya, waktu sehatku khan ku gunakan untuk selalu bermakna. Tidak ada kesempatan yang akan ku lalaikan karena diriku menghargai waktu. Dengan menghargai waktu kesuksesan ada ditanganku.

  • Dapat dipercaya

Dengan aku bertanggung jawab atas kewajibanku yang harus ku lakukan dengan fasilitas yang diberikan, maka aku dapat dipercaya karena aku akan merasa bahwa kepercayaan sangat mahal harganya.

  • Bersikap adil

Bersikap adil dengan melakukan sesuai dengan porsinya, saat waktu belajar aku belajar, saat akua da tugas aku kerjakan, saat ku perlu hiburan aku akan mencari hiburan sesuai dengan porsinya, bukan hiburan (main game, lihat youtobe, lihat anime, lihat tik tok) lebih besar porsinya daripada belajar, dan aku juga memberikan porsi untuk membantu orang tua serta beristirahat sesuai kebutuhan tubuhku

  • Meraih kesuksesan

Meraih kesuksesan tidak bisa diraih dengan kesantaian tapi perlu disiplin, menghargai waktu, bekerja keras, tidak pantang menyerah, berani mengambil resiko dan berdoa setelah berusaha secara maksimal.

3. Agar aku bisa bertanggung jawab, aku harus…..

  • Jujur

Jujur dalam mengerjakan tugas yang diberikan dengan cara yang baik,yaitu dengan  tidak mencontek, tidak mencari jawaban diinternet, menyalin jawaban teman, karena ku yakin dengan kejujuran akan memberikan jalan terindah walaupun hambatan di depan mata.

  • Berani Mengambil Resiko

Tantangan yang ada bukan sebagai hambatan , tetapi sebagai upaya untuk mencari jalan keluar. Kesuksesan yang kita ingingkan pastinya banyak resiko yang harus kita ambil, tetapi yakinlah pasti ada jalan keluar kemudahan dalam segala kesulitan.

  • Mampu Mengelola Emosi

Mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain.karena kehidupan manusia semakin komplek. Hal ini ditunjukkan dengan merasa lebih kesepian dan pemurung, lebih beringas dan kurang menghargai sopan santun, lebih gugup mudah cemas, lebih meledak-ledak (impulsif dan regresif), maka mengelola emosi sangat diperlukan

  • Menghargai Hasil Usaha

Dengan berbagai usaha yang dilakukan oleh orang tuaku dalam memfasilitasi diriku dalam belajar, maka aku akan meningkatkan semangat belajar dan karyaku

  • Pantang Menyerah

Setiap kesulitan dan hambatan yang menghadangku dalam meraih cita-cita dan kesuksesanku, maka aku akan bekerja keras pantang menyerah.

Buanis.com

Buanis.com

Administrator at Omah BuAnis.com
Omah buanis.com Adalah sebuah media online untuk Berbagi Informasi Seputar Bimbingan dan Konseling, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik Menarik lainnya.
Buanis.com
Buanis.com
Buanis.com

Latest posts by Buanis.com (see all)

Buanis.com
Editor: buanis.com

Related posts