Materi Bimbingan Konseling Ke 2

  • Whatsapp

 

Persahabatan

Dulu masa kecil mungkin kita punya teman sepermainan yang sering bersama kita dimanapun kita berada, menikmati segala keseruan, kadang sedih, kadang senang, kadang kita juga salah faham dan terjadi pertengkaran. tapi semua itu sebagai bumbu pemanis dalam persahabatan kita. Menginjak besar kita baru sadar bahwa sahabat itu sangat penting dalam hidup kita, kita kangen dengan masa-masa yang penuh canda, tawa dan kadang pertengkaran . kalau begitu siapa sih sahabat itu ? sahabat adalah teman yang selalu ada dalam suka maupun duka, serta mau menerima kita apa adanya. Sahabat tidak hanya saat temannya bahagia saja melainkan juga siap menjadi tempat mengadu duka. Dengan kita punya sahabat, maka kita menjalin persahabatan. Apa sih persahabatan itu ?

Read More

Persahabatan adalah hubungan timbal balik antara 2 orang atau lebih yang di dasari atas asas sukarela untuk berbagai kepentingan tertentu dengan intensitas hubungan yang sangat erat.Dari pengertian persahabatan diatas ada ada beberapa ciri tentang hubungan timbal balik dikatakan sebagai persahabatan, mari kita simak ya !

1. Ciri-ciri persahabatan

a. Saling menyayangi dan berbagi dalam banyak hal .

Saling menyayangi bukan berarti kita membiarkan teman kita salah dan menutupi kesalahannya, tapi bentuk kasih sayang kita pada sahabat adalah ketika teman kita salah kita berani menegur dengan kasih sayang. Berbagi dalam hal maksudnya kita bisa saling berbagi keluh kesah, berbagi sesuatu yang memang diperlukan oleh teman, kadang kita juga berbagi waktu kita dengan teman .

b. Saling setia, menjaga kepercayaan, dan menjaga rahasia

Karena sahabat adalah tempat berbagi apapun yang kita rasa, maka ketika terjadi perselisihan atau salah faham kita hendaknya tetap setia menjaga rahasia sahabat kita,. Kepercayaan adalah unsur yang sangat krusial dalam hubungan apa pun, termasuk persahabatan. Sahabat sejati tidak akan melukai kepercayaanmu dengan menggosipimu di belakang sekalipun ia tahu banyak hal. Jika ada kabar miring tentang sahabatnya, ia memilih untuk mengklarifikasi langsung secara empat mata daripada ikut menyebarkan desas-desus.

c. Saling berkomunikasi secara intensif


Sahabat adalah orang yang dekat dengan kita, agar tidak terjadi kesalahfahaman maka luangkan waktu untuk bisa berkomunikasi secara intensif. Karena dengan berkomunikasi secara intensif membuat jalinan persahabatan semakin erat. Meski terpisah jarak, waktu, dan kesibukan, sahabat yang sejati akan mencari cara agar tetap berkomunikasi. Dia akan merencanakan dan meluangkan waktu khusus untuk quality time, terutama hadir di momen-momen penting dalam hidup sahabatnya.

d. Saling mengedepankan kejujuran


jujur terhadap apapun, walaupun kadang kejujuran kita bisa membawa kesedian tapi paling tidak dengan kita jujur kita bisa tetap saling mendukung dan kerjasama yang baik dengan sahabat kita Orang lain tidak terlalu ambil pusing jika kamu membuat pilihan-pilihan yang buruk dalam hidupmu, tetapi sahabatmu menginginkan yang terbaik buatmu. Dia tidak berusaha untuk menutup-nutupi sesuatu hanya demi menyenangkan hatimu.Ia berani menegur kesalahanmu dan menyampaikan fakta yang sebenarnya meski berisiko menyinggung perasaanmu. Seperti besi menajamkan besi, sahabat yang sejati berproses untuk saling menajamkan satu sama lain.

e. Saling membantu terutama saat salah satu mendapatkan kesulitan


Kehidupan kadang-kadang terasa berat untuk dijalani, di situ lah sahabat sejati berperan menguatkan dan menyemangati. Sahabat akan siap membantu dalam kesulitan yang dihadapi akan berusaha mencari cara agar kesulitan yang dihadapi sahabat segera terselesaikan.
Dari ciri-ciri persahabatan diatas, sangat menyenangkan jika kita bisa menjalin persahabatan sampai kita mengakhiri hayat kita, bagaimana ya agar persahabatan tetap langgeng dan awet, mari kita simak tips-tipsnya

2. Tips agar persahabatan tetap langgeng dan awet

a. Saling menghargai dan mau berkorban


Hargailah Sahabat sebagaimana engkau ingin dihargai karena sahabat juga sama dengan kalian yang ingin selalu dihargai dengan saling menjaga rahasia , dan berkorbanlah untuknya jangan justru sebaliknya mencari keuntungan pribadi dalam persahabatan.

b. Saling memotivasi


Berilah dukungan dan dorongan pada sahabat, dalam segala keadan, setiap orang akan senang ketika mendapatkan dukungan dan dorongan dari orang lain . Ada yang salah jika persahabatan itu hanya terus-terusan menguras energi. Perhatikanlah setiap kali kamu selesai bertemu dengannya.Apakah kamu jadi lebih positif memandang kehidupan ini, atau jadi semakin pesimis? Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik. Jangan sampai kebiasaanmu yang tadinya mudah bersyukur dan bersemangat mengejar mimpi terhalangi oleh seseorang yang kamu bilang sahabat sejatimu.

c. Jangan Menyalahkan dan bersedia memaafkan


Jangan menyalahkan sahabat ketika dia tertimpa sesuatu atau melakukan sesuatu, tapi berilah pengertian dan maafkan jika apa yang dilakukan keliru. Karena sahabat juga manusia kadang juga melakukan kesalahan, tapi yakinlah ketika sahabat sejatimu melakukan kesalahan itu sebagai ujian persahabatan kalian.

d. Bersahabat jangan seperti bayang-bayang badan


Bayang-bayang badan hanya ada ketika terang, ketika gelap bayang-bayang akan hilang. Sahabat harus ada saat terang maupun gelap saat susah maupun senang. Jangan sampai ketika sahabatmu senang atau sukses kamu mendekat tapi ketika sahabatmu lagi tertimpa masalah kalian menjauh.

e. Jangan Memonopoli sahabat


Sahabat kita punya keluarga, teman dan hubungan sosial lain, selain dengan kita, jadi jangan memonopoli bahwa sahabat kemana-mana harus dengan kita terus , Dia tidak berusaha memilikimu dan mengendalikan hidupmu. Ketika kamu ingin bersahabat dengan orang lain atau terlibat dalam kegiatan yang tidak berhubungan dengannya secara langsung, ia juga tidak cemburu dan posesif.Sahabat yang sejati menyadari bahwa kalian perlu berkembang di lingkungan masing-masing secara individual. Karena persahabatan bukan soal seberapa seringnya bersama, tapi soal seberapa berkualitas cara kalian menjalaninya.

Quote # Persahabatan itu tidak dicari, namun kita sendirilah yang menciptakannya, dari rasa saling berbagi, mengerti, dan mempercayai#

 

 

 

Buanis.com

Buanis.com

Administrator at Omah BuAnis.com
Omah buanis.com Adalah sebuah media online untuk Berbagi Informasi Seputar Bimbingan dan Konseling, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik Menarik lainnya.
Buanis.com
Buanis.com
Buanis.com

Latest posts by Buanis.com (see all)

Buanis.com
Editor: berbagai sumber

Related posts