6 Langkah Menjadi Pelajar Berprofil Pancasila

  • Whatsapp

6 Langkah Menjadi Pelajar Berprofil Pancasila

Buanis.com Pada masa remaja, dimana masa kita wajib memperoleh Pendidikan, mengapa sih harus memperoleh pendidikan ? karena berdasarkan Tujuan pendidikan nasional, Pendidikan diselenggarakan agar setiap individu dapat menjadi manusia yang “beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Sebagai pedoman arah dari tujuan Pendidikan, perlu pedoman yaitu profil pelajar Pancasila.

Apakah kalian tahu maksud dari pelajar Pancasila ? Pelajar Pancasila adalah pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Pelajar Pancasila adalah Pelajar yang mampu beradaptasi dengan lingkungan alamnya dan zamannya yang selalu mengalami perubahan tanpa henti.
profil pelajar pancasila memiliki enam dimensi pembentuknya. Dimensi ini adalah: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif. Enam dimensi profil pelajar Pancasila ini adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan, dalam artian pelajar harus memiliki 6 dimensi profil Pancasila tersebut agar benar-benar menjadi pelajar dan individu yang bermakna bagi alam dan zamannya.

Read More

Mari kita bahas 6 dimensi profil pelajar Pancasila, agar kita memiliki pemahaman yang utuh dan bisa mengaplikasikan dalam kehidupan kita sebagai individu, dan anggota masyarakat

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia

 

6 Langkah Menjadi Pelajar Berprofil Pancasila

Pelajar yang Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia ditunjukkan dengan pelajar yang mampu menerapkan nilai-nilai agama yang dianutnya yang ditunjukkan dengan taat dalam menjalankan ajaran agamanya, menghargai segala bentuk ciptaanNya dengan cara menjaga kelestarian alam, menjaga hubungan yang baik dengan orang yang ada disekitarnya, memiliki Integritas (sebagai bentuk penghormatan terhadap diri sendiri dalam relasi dengan orang lain) , Merawat diri secara fisik, mental, dan spiritual, menghargai perbedaan dan mempunyai empati pada orang lain.

2. Berkebinekaan Global

6 Langkah Menjadi Pelajar Berprofil Pancasila

Pelajar yang memiliki dimensi profil berkebinekaan global yaitu pelajar yang memiliki integritas diri yang matang dalam menerima segala perbedaan dan keberagaman . pelajar yang dapat beradaptasi dengan segala keberagaman budaya daerah, nasional, global namun tetap memegang nilai-nilai budaya luhur bangsanya. Hal ini dapat diwujudkan dengan kemampuan berinteraksi secara positif antar sesama, memiliki kemampuan komunikasi interkultural, serta mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pegembangan dirinya.

3. Gotong Royong

6 Langkah Menjadi Pelajar Berprofil Pancasila

Pelajar Pancasila dengan dimensi gotong royong yaitu pelajar yang mampu bekerjasama dengan orang lain dalam mencapai tujuan Bersama yang telah direncanakan dengan cara mengembangkan komunikasi yang baik dengan komunitasnya, mampu menumbuhkan sikap menyadari peran dirinya dan peran orang lain dalam kontribusinya dalam pencapaian tujuan Bersama, karena kita memahami kita adalah makhluk social , tanggap terhadap lingkungan sekitarnya, dan mau berbagi (memberi dan menerima segala hal yang penting bagi kehidupan pribadi dan bersama)

4. Mandiri

6 Langkah Menjadi Pelajar Berprofil Pancasila

Seorang murid yang memiliki dimensi mandiri berarti murid tersebut mempunyai prakarsa atas pengembangan diri dan prestasinya dan didasari pada pengenalan kekuatan serta keterbatasan dirinya serta situasi yang dihadapi, dan bertanggung jawab atas proses dan hasilnya. Murid yang memiliki dimensi ini juga mampu mengelola dirinya sendiri (pikiran, perasaan, tindakan) untuk mencapai tujuan pribadinya ataupun tujuan bersama.

Berikut identifikasi pelajar memiliki sikap mandiri:
● Pemahaman diri dan situasi
Murid yang mandiri memahami potensi, bakat, dan minat yang dimiliki serta tantangan dan hambatan yang akan dialami, sehingga dengan memiliki pemahaman diri dan situasi murid diharapkan mampu mengembangkan potensi, bakat, dan minat yang dimiliki serta akan mencari cara menyelesaikan tantang dan hambatan yang dialaminya.

● Regulasi Diri
Setelah murid memahami diri dan situasi, murid yang mandiri akan mengolah emosinya, mampu memegang kendali atas dirinya agar selalu disiplin, percaya diri, dan memiliki sikap adaptif dengan baik agar murid mampu menetapkan tujuan dan rencana strategis pengembangan diri dan mencapai prestasi

5. Bernalar Kritis

6 Langkah Menjadi Pelajar Berprofil Pancasila

Seorang murid yang memiliki dimensi Bernalar Kritis berarti murid tersebut mampu menggunakan kemampuan nalar dirinya untuk memproses informasi, mengevaluasinya, hingga menghasilkan keputusan yang tepat untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapinya. Murid tersebut mampu menyaring informasi, mengolahnya, mencari keterkaitan berbagai informasi, menganalisa serta membuat kesimpulan berdasarkan informasi tersebut. Murid yang bernalar kritis memiliki sikap terbuka terhadap perubahan yang ada namun bisa menyaring informasi dengan baik.

6. Kreatif

6 Langkah Menjadi Pelajar Berprofil Pancasila

Murid yang memiliki dimensi kreatif berarti mampu memodifikasi, menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak untuk mengatasi berbagai persoalan , baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk lingkungan di sekitarnya. Murid yang Kreatif mampu menghasilkan gagasan yang orisinal , mampu menciptakan karyanya sendiri, dan memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan yang dihadapinya.
Dari pembahasan tentang 6 dimensi profil pelajar Pancasila, ke 6 dimensi tersebut adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan harus dimiliki oleh murid, karena jika salah satu tidak dimiliki maka menjadi tidak bermakna.

Contohnya ketika murid menciptakan karyanya, maka diperlukan kemampuan bernalar kritis terhadap kebermanfaatan dari karya yang dibuat, karya yang dibuat apakah memberikan dampak positif atau negative (merupakan dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Dalam membuat karya pastinya siswa melibatkan orang lain dan menghargai keberagaman dari keterlibatan yang dilakukan siswa (gotong royong dan Berkebinekaan Global

Baca Juga Artikel tentang 4 Langkah Meraih sukses

Buanis.com

Buanis.com

Administrator at Omah BuAnis.com
Omah buanis.com Adalah sebuah media online untuk Berbagi Informasi Seputar Bimbingan dan Konseling, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik Menarik lainnya.
Buanis.com
Buanis.com
Buanis.com

Latest posts by Buanis.com (see all)

Buanis.com
Editor: dari berbagai sumber

Related posts